Kamis, 10 November 2011

Muqaddimah


Ribath As-Sa'idiyyah Tiga Putra Bahrul Ulum adalah salah satu pesantren yang bernaung di bawah Yayasan Pondok Pesantren Bahrul 'Ulum Tambakberas Jombang. As-Sa'idiyyah Tiga Putra didirikan oleh Drs. KH. Abd. Choliq, SH., S.Pd., M.Si. pada tahun 1999 untuk memperkokoh dan memperbesar syi'ar Islam yang telah lama diperjuangkan oleh para pendiri Bahrul 'Ulum 165 tahun yang lalu. Aktifitas dan program-program yang ada di dalam Ribath As-Sa'idiyyah Tiga Putra berorientasi pada pendalaman ajaran-ajaran Islam yang merujuk pada pendalaman kitab-kitab salaf dan aqidah Ahlus Sunnah Wal Jama'ah.

Namun seiring dengan perubahan era, di mana seluruh generasi muda Islam harus selalu siap untuk mampu menjadi agen of change dengan tetap menjadikan Al-Qur'an sebagai pedoman. Maka Ribath As-Sa'idiyyah Tiga Putra senantiasa mengupayakan bagaimana santri mampu mengkontekstuali-sasikan ajaran-ajaran yang bersumber dari kitab-kitab salaf agar selalu sesuai dengan situasi dan kondisi kekinian. Sehingga diharapkan pada akhir pendidikannya di pesantren para santri telah menjadi individu yang siap diterjunkan dalam masyarakatnya masing-masing, menjadi insan kamil yang bermoral Qur'ani dan selalu respek serta mampu menyelesaikan persoalan-persoalan sosial yang ada di tengah-tengah masyarakat dengan senantiasa menjadikan Al-Qur'an dan Al-Hadits sebagai rujukan.

Untuk menunjang pendidikan keagamaan di sekolah, maka di dalam Ribath As-Sa'idiyyah Tiga Putra Bahrul 'Ulum diadakan pendidikan non formal yang dinamakan “Madrasah As-Sa'idiyyah Tiga Putra” ditempuh selama 3 tahun. Kemudian ada juga program Diniyyah Unggulan yang dikhususkan untuk para santri dari Madrasah Diniyyah yang berpotensi bagus di dalam pemahaman ilmu alat. Program Diniyyah Unggulan ini dimaksudkan sebagai upaya pendalaman pemahaman materi dari Madrasah Diniyyah. Setelah tamat Madrasah Diniyyah, para santri diharuskan mengikuti pengajian yang bersifat 'am atau kelompok dewasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar